DOWNLOAD IMAN: AYO JANGAN LUPA SHOLAT!!! Project Praktik Industri Konsentrasi Instrumentasi dan Kendali

05.56 0 Comments

Dunia Industri dan Perguruan Tinggi merupakan satu kesatuan yang saling berkaitan. Hubungan tersebut sering disebut sebagai kemitraan. Seorang mahasiswa yang sedang menuntut ilmu, khususnya mahasiswa jurusan Teknik Elektro perlu memahami kondisi nyata yang ada di dunia industri. Mahasiswa tidak hanya paham dan hafal teori saja namun juga perlu mengerti akan kondisi dunia kerja yang sesungguhnya. Perubahan teknologi dan percepatan informasi telah mempengaruhi aspek-aspek dalam proses produksi di perusahaan. Dengan adanya peranan perguruan tinggi, sebagai badan penelitian dan pengembangan diharapkan mampu menjawab tantangan dalam perubahan tersebut sehingga performa Jurusan Teknik Elektro sebagai partner akan meningkat. Di sinilah link and match pola kemitraan yang perlu dibangun untuk meningkatkan mutu dan produktivitas pada sektor industri serta perguruan tinggi.
Melalui Praktik Industri di perusahaan, mahasiswa diharapkan mampu menemukan permasalahan, yang kemudian akan dianalisa dan dicari solusi yang tepat. Dengan terjun langsung dan menemukan realita permasalahan yang ada, mahasiswa dilatih agar dapat memecahkan permasalahan sesuai dengan yang telah didapatkan di perkuliahan. Solusi terhadap permasalahan diambil mahasiswa dengan pendekatan sistem yang integral komprehensif, artinya permasalahan yang ada tidak diselesaikan secaara terpisah namun antara satu dengan yang laian ada keterkaitan.
            Praktik Industri juga akan bermanfaat terhadap penciptaan iklim yang saling mendukung. Peran perguruan tinggi sebagai penghasil sumber daya manusia (SDM) yang memiliki tingkat kredibilitas tertentu mampu berperan di dunia industri dengan menjadikan perusahaan sebagai partner dalam penelitian maupun dalam memberikan masukan. Sehingga dengan adanya Praktik Industri akan tercipta kerja sama yang saling menguntungkan dan kemitraan yang saling mendukung antara perguruan tinggi dan dunia industri.
            Pada Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang, Praktik Industri (PI) merupakan salah satu mata kuliah wajib dengan bobot 4 sks/16 js. Praktik Industri adalah mata kuliah yang termasuk dalam Program Pengalaman Lapangan Non-kependidikan yang merupakan kegiatan belajar mahasiswa yang dilakukan pada perusahaan atau industri secara terbimbing dan terpadu dalam keahlian bidang studi sebagai wahana pembentukan kemampuan akademik (profesi). Jangka waktu pelaksanaan praktik di tempat industri selama delapan minggu atau dua bulan (400-500 jam kerja). Pelaksanaan PI dilakukan baik secara individu maupun berkelompok yang dibimbing oleh satu orang dosen pembimbing dari jurusan dan satu orang pembimbing dari industri. Praktik industri dapat dilakukan di industri atau instansi yang bergerak di bidang listrik, intalasi, telekomunikasi, mikroprosesor dan lain-lain yang berhubungan dengan Teknik Elektro.
            Salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang pengembangan alat-alat berbasis mikrokontroler adalah Innovative Electronics. Perusahaan ini telah banyak menghasilkan modul-modul berbasis mikrokontroler yang memberikan kontribusi besar baik bagi individu maupun dunia industri. Modul-modul Innovative Electronics juga digunakan dalam dunia pendidikan. Di Jurusan Teknik Elektro, Universitas Negeri Malang modul hasil produksi IE yang digunakan untuk pelaksanaan praktikum pada mata kuliah Mikroprosesor adalah DT-AVR Low Cost Micro System, DT-51 Trainer Board, DT-IO I2C Peipheral, SPC Motor Controller, dan SPC Stepper Motor.

Berikut adalah hasil projek yang dikerjakan selama praktik industri.





Video simulasi hasil project



Saya

Intro Andis Wijaya "Some say he’s was a good man , love kindness and to uphold the common interest"

0 komentar: